Sabtu, 29 September 2012

PENGENALAN SISTEM OPERASI



1.1.    Sekilas Tentang Sistem Komputer

Sebuah komputer dapat bekerja dengan melibatkan 3 komponen utama. Dalam penggunaan komputer sehari-hari, 3 komponen ini akan sering kita temui,yaitu:
1.    HARDWARE (Perangkat Keras)
2.    SOFTWARE (Perangkat Lunak) &
3.    BRAINWARE (User/Sumber Daya Manusia).


 

 



Gambar 1.1. Skema hubungan antar komponen utama komputer

1.    Hardware (perangkat keras) seperti : Desktop PC, Laptop, Tablet PC, Server, terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
    1. Input Unit
    2. Process Unit, dan
    3. Output Unit
2.    Software (perangkat lunak) terdiri dari 2 jenis, yaitu:
    1. Sistem Operasi
    2. Aplikasi
3.    Brainware (User/Sumber Daya Manusia) yang menggunakan komputer, dikategorikan sesuai dengan keahlian atau profesinya, seperti:
    1. Operator (Data Entry/EDP)    
    2. Programmer System
    3. Analys System (Program, Database dan Network)
    4. Administrator System, Network Engineer
    5. Technical Engineer (Technical Support)
    6. Web Developer / Web Designer
    7. Animator, dll.

1.2.   Pengertian Sistem Operasi (SO)

Sistem Operasi merupakan program utama yang menghubungkan Software Aplikasi yang digunakan oleh user dengan hardware.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) yang sering disebut “tools atau utility” berupa aplikasi kepemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan ketika memanfaatan sumber-daya sistem komputer tersebut.

1.3.   Jenis Sistem Operasi (SO)

Sistem operasi dapat dibedakan berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dapat dijalankan, juga berdasarkan jenis software, atau jenis hardware yang digunakan.
Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan, sistem operasi dapat dikategorikan dengan:
1.    Single User – Single Tasking :
Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya: DOS (Disk Operating System).
2.    Multi User – Single Tasking :
Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program (aplikasi) di satu waktu, contohnya: Novell Netware yang menjalankan SO Network berbasis DR-DOS.
3.    Single User – Multi Tasking :
Satu komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program disatu waktu, contohnya: Windows, MacOS, BeOS, JDS, dll.
4.    Multi User – Multi Tasking :
Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya: Unix, Linux, FreeBSB (SO turunan Unix) atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.
Berdasarkan hardware komputer yang digunakan, sistem operasi dapat dibedakan untuk:
1.    Komputer PC (desktop / laptop):
2.    Komputer Server
Berdasarkan jenis software, sistem operasi dibedakan berdasarkan:
1.    Perangkat Lunak Bebas (Free Software)
2.    Perangkat Lunak Open Source
3.    Perangkat Lunak Public Domain
4.    Perangkat Lunak Copylefted
5.    Perangkat Lunak Bebas Non-Copylefted
6.    Perangkat Lunak GPL-covered
7.    Perangkat Lunak GNU
8.    Perangkat Lunak Semi Bebas
9.    Perangkat Lunak Berpemilik
10.  Freeware
11.  Shereware
12.  Perangkat Lunak Komersial
Lebih detail tentang jenis software tersebut anda bisa baca di bab 9.

1.4.      Fungsi Dasar Sistem Operasi
v  Menjembatani hubungan antara hardware dan program aplikasi yang dijalankan user.
v  Mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh user dan berbagai program aplikasi (Resource allocator).
v  Sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu (sebagai guardian yang menjaga komputer dari berbagai kemungkinan kerusakan).
v  Manajer sumberdaya hardware, seperti mengatur memori, printer, cdrom, dll.

1.5.      Komponen Utama Sistem Operasi
1.    Kernel
2.    File
3.    User Interface
1.5.1.   Kernel
Kernel merupakan suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali. Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur agar kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian hardware tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai ”multiplexing”.
Akses kepada hardware secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi (gambaran umum tentang) hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kerumitan, dan memungkinkan akses kepada hardware menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi (gambaran umum) ini pada akhirnya memudahkan pekerjaan programmer.
Untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Sebuah program dapat saja langsung diload dan dijalankan diatas mesin komputer, yakni bila programmer ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi hardware atau bantuan sistem operasi. Tehnik ini digunakan pada komputer generasi awal, sehingga bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain, kita harus mereset dan me-load kembali program-program tersebut.
Ada 4 kategori kernel:
·         Monolitich kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi hardware yang kaya dan powerful.
·         Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi hardware sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
·         Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat
·         Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke hardware secara langsung atau hampir-hampir langsung.
1.5.2.    File
File disini merupakan file-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi. File disini juga berarti sistem berkas dan file system yang dimiliki oleh suatu sistem operasi.
1.5.3.    User Interface (Shell)
Sebuah sistem operasi memiliki karakteristik (bentuk) interface (tampilan) yang menjadi interaksi antar user dengan komputer. Bentuk umum user interface yang ada, adalah:
1.    Command Line Interface atau command line interpreter (CLI)
CLI memberikan tampilan dalam mode teks ke user, dengan backgroud satu warna dan tampilan teks yang juga satu atau beberapa warna dasar.
2.    Graphical User Interface (GUI).
GUI memberikan tampilan yang lebih interaktif dan nyaman digunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah warna yang dihasilkan juga lebih banyak, tergantung kemampuan Video Adapter yang dimiliki komputer.


1.6.      Tujuan Sistem Operasi
a.    Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
b.     Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
c.     Sistem Operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

1.7.      Tujuan Mempelajari Sistem Operasi

Tujuan mempelajari sistem operasi adalah agar user dapat merancang sendiri dan memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan. Untuk dapat memilih sistem operasi yang sesuai, serta mampu memaksimalkan penggunaan sistem operasi, dan agar konsep serta teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain, maka pengetahuan mengenai system operasi sangat diperlukan.

1.8.      Pertanyaan
1.    Jelaskan pengertian Sistem Operasi
2.    Apa perbedaan antara Sistem Operasi dengan Aplikasi
3.    Berikan contoh SO yang multi user dan multi tasking
4.    Apa maksud single user – multi tasking, apa contoh sistem operasinya
5.    Apa 3 komponen utama sistem operasi
6.    Apa yang dimaksud dengan kernel
7.    Jelaskan tentang user interface
8.    Apa tujuan sistem operasi
9.    Kenapa mahasiswa perlu mempelajari sistem operasi, kan bisa belajar sendiri
10.  Hal apa yang perl dipelajari dari sistem operasi



Pengenalan Hardware Dan Software — Presentation Transcript

  • 1. PENGENALAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
  • 2. SPESIFIKASI PADA PC (PERSONAL COMPUTER) KOMPONEN ALAT INPUT OPTICAL DRIVE MEDIA PENYIMPANAN (STORAGE) ALAT OUTPUT PERANGKAT APA SAJA SICH YANG ADA DALAM PC ????
  • 3. A. KOMPONEN PADA PC Fungsinya : Sebagai Induknya sebuah sistem PC Sebagai Jantungnya PC 1. MOTHERBOARD atau MAINBOARD
  • 4. PENDUKUNG KINERJA MAINBOARD SLOT CPU CHIPSET SLOT MEMORI SLOT AGP SLOT IDE SLOT PCI PORT I/O
  • 5. 2. PROFESOR FUNGSINYA : OTAKNYA KOMPUTER MENGAMBIL,MENYANDI,MELAKS ANAKAN INSTRUKSI, MENTRANSFER INFO RMASI KE DAN SUMBER LAIN MELALUI BUS DAT A JALUR DI KOMPUTER 2.PROSESOR EH... SALAH ..
  • 6. 3. MEMORI (RAM) FUNGSINYA : PENGUBUNG DENGAN PROSESSOR LEWAT JALUR DATA MENAMPUNG DATA PROGRAM DAN DATA YANG AKAN DIAKSES CPU KETIKA PC MENYALA
  • 7. 4. GRAFIK CARD (VGA CARD) FUNGSINYA : KEPUASAN TAMPILAN DI LAYAR MONITOR, BAIK WARNA, GAMBAR, FILM, GAME DSB.
  • 8. 4. SOUND CARD (KARTU SUARA) FUNGSINYA : MENAMPILKAN EFEK-EFEK SUARA
  • 9. 5. CASING FUNGSINYA : TEMPAT BERLINDUNGNYA BERBAGAI KOMPONEN PENTING KOMPUTER
  • 10. 6. POWER SUPLY Fungsinya : Sumber arus listrik (biasanya 12 Volt) Untuk menjalankan semua komponen dari PC
  • 11. 7. KIPAS (FAN) Fungsinya : Mengatasi panas yang timbul dari PC
  • 12. B. ALAT INPUT Fungsinya : Alat pendikte PC agar memahami apa yang kita inginkan Memasukkan data-data atau informasi yang diharapkan 1. Keyboard/Papan Tik
  • 13. 2. MOUSE Fungsinya : Mengakses pekerjaan dengan mudah
  • 14. C. OPTICAL DRIVE Fungsinya : Membaca data atau informasi dari media lain, misalnya CD, VCD Untuk instalasi program dsb.
  • 15. OPTICAL DRIVE Fungsinya : Untuk proses penyalinan/penyimpanan data atau informasi ke dalam CD, VCD dsb.
  • 16. OPTICAL DRIVE Fungsinya : Hampir sama dengan CD ROM
  • 17. OPTICAL DRIVE Fungsinya : Fasilitas untuk membaca data atau informasi dalam Floopy disk atau disket FDD (Floopy DISK DRIVE
  • 18. D. MEDIA PENYIMPANAN Fungsinya : Komponen untuk penyimpanan data/informasi utama dalam sistem PC Kapasitas : Mb(mega byte), Gb (Giga byte). 1 Mb =1000 Kb, 1Gb=1000 Mb Misalnya : 500 Mb, 1.2 Gb, 3.2Gb, 10 Gb, 20Gb, 40 Gb dsb. 1. HARDDISK
  • 19. 2. MINIDISK Fungsinya : Media penyimpanan data dalam ukuran kecil 1.44 Mb (Mega byte) atau 1.440 kilobyte atau 1.440.000 byte
  • 20. 3. CD Fungsinya : Media penyimpanan data kapasitas lebih besar dari disket Kapasitas : 650 Mb-700 Mb
  • 21. 4. DVD Fungsinya : Media penyimpanan data dengan kapasitas lebih besar dari CD Kapasitas : 4,7 Gb
  • 22. 5. USB Flash Drive Fungsinya : Media penyimpanan data dengan kapasitas lebih besar dari disket Kapasitas : 16 Mb-1 Gb.
  • 23. D. ALAT OUTPUT Fungsinya : Menampilkan data. Informasi, karya, gambar, film di layar kaca Menggunakan tabung sinar katoda 1a. MONITOR CRT
  • 24. 1b. MONITOR LCD Fungsinya : Idem Kristal cair yang berpendar dengan efek berkedip (flicker) Resolusi : 1024x768 pixels Warna : 18-24bit
  • 25. 1c.MONITOR TFT Fungsinya : Idem Film Transistor Layar tipis dan ringan
  • 26. 1d.MONITOR PLASMA GAS Fungsi : Idem Sumber cahaya dari Fosfor yang terpendar Lebih baik dari LCD
  • 27. 1e.MONITOR OLED (Organic Light Emiting Diode) Fungsinya : Idem Lapisan bahan organik untuk menghasilkan cahaya Lebih hemat dari LCD (Listrik)
  • 28. 2. PRINTER Fungsinya : Mencetak data atau informasi Jenis Printer : DOT Matrix, misalnya : EPSON LX 300, LX 800 dsb. Desk Jet, misalnya : Canon BJC 2100SP, Canon 1200SPx dsb. Laser Jet
  • 29. 3. SPEAKER Fungsinya : Media untuk hasil suara/sound
  • 30. SOFTWARE KOMPUTER OS (OPERATING SYSTEM) UTILITY PROGRAM (Penunjang sistem operasi) Paket Program (Program Aplikasi) MS WORD, MS EXEL, MS POWER POINT, MS ACCES dsb. 4. Bahasan Pemrograman Misal . Turbo Pascal, Dbase, Basic dsb.

Jumat, 28 September 2012

Jaringan Komputer
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji dan syukur kita panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat-dan Hidayah-Nya Kepada saya, sehingga dapat menyelesaikan Tugas Jaringan Komputer II Mudah-mudahan akan dapat bermanfaat bagi saya sendiri pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.
Saya menyadari bahwa Tugas Laporan ini masih banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu saran dan kritikan yang membangun sangat saya harap kan. Akhirnya saya mengharapkan agar Tugas Laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat sebagaimana yang diharapkan.

Sigli , Februari 2010

JARINGAN KOMPUTER

1. Pengenalan jaringan komputer
Jaringan adalah Suatu hubungan yang berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi, yang menggunakan media penghubung yaitu kabel.
Jaringan komputer adalah Sekelompok komputer yang saling terhubung dan dapat saling menggunakan sumber daya, informasi, dan data bergerak melalui media penghubung berupa kabel (Wire Network) atau tanpa kabel (Wireless Network), sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama - sama menggunakan hardware, software yang terhubung dengan jaringan untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dan jaringan komputer meminta dan memberikan layanan ( Service ). Pihak layanan yang meminta layanan disebut klien (Client ) dan yang memberikan layanan disebut ( Server ). Arsitektur ini disebut dengan sistem Client Server, dan digunakan hampir pada seluruh aplikasi jaringan komputer.

2. Bentuk dan tipe jaringan computer

Jaringan komputer dapat berhubungan antara dua buah komputer dan banyak komputer baik dalam satu ruangan, antar desa, antar kota, antar negara, antar benua, dll.

Berdasarkan Topologi Jaringan, Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi :
a. Topologi BUS
b. Topologi RING
c. Topologi START
d. Topologi HYBRID

3. Komponen – Komponen Jaringan Komputer
- Server
- Work Station
- NIC Network
- Kabel & Konektor
- Peralatan Tambahan
HUB
Repeator
Bridge
Router

4. Pengkabelan ( Cabling )
Macam – macam kabel :
- Kabel Squatsiar
- Kabel STP ( Shieldded Twisted Pair )
- Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair )


Urutan kabel jaringan :
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Orange Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Orange
7. Coklat Putih
8. Coklat

Ada 2 macam Jalur sistem kabel :

1. Crossover :
Sistem kabel untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama, misal antara komputer dengan komputer, PC ke PC, Switch ke Switch, HUB ke HUB.

2. Straight – Through
Sistem kabel untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misal PC ke HUB, Hard ke komputer, Switch ke Router.


Tugas Praktek
Pengkabelan dengan Jalur Straight ( Lurus ) Untuk Berkoneksi atau berhubungan Dengan Jaringan yang lainnya
Alat :
- RG - 45
- Kabel Jaringan
- Tang LAN
- Tes koneksi
- Komputer
- HUB

Cara kerjanya :
1. Potong Shieldnya kabel dengan menggunakan Tang ( kira – kira 2 cm dari ujungnya kabel tapi jangan dipotong kabel lunaknya ) agar terpisah dengan kabel Lunaknya, setelah terpisah Urutkan kabel Lunak sesuai dengan Urutan kabel jaringan Tapi dengan Jalur Straight, potong rata ujung kabel lunaknya, Lakukan hal yang sama untuk ujung yang satunya lagi.

2. Hubungkan RG – 45 Dengan Kabel Yang sudah di urutkan dan dipotong rata dengan cara memasukkan ujung kabel lunak ke dalam RG – 45, Pastikan saling bersentuhan !! Lakukan hal yang sama untuk ujung yang satunya lagi.

3. Jepit RG – 45 yang telah saling berhubungan sama kabel lunaknya dengan menggunakan Tang Jaringan, Pastikan Kembali !! Lakukan hal yang sama untuk ujung yang satunya lagi.

4. Tes Koneksi kabel yang telah di hubungkan dengan RG – 45 dengan Alat tes koneksi.

5. Hubungkan kabel ke komputer dan ke HUB ( Ujung A ke komputer – Ujung B ke HUB ) jika Connect lampu di CPU akan Menyala.

6. Set pengaturan software "Network Connections” komputer agar terhubung dengan komputer yang lain.

7. Agar saling berhubungan Lakukan hal yang sama dengan komputer yang lain.


Laporan

Setting "Network Connections”
- Hidupkan komputer
- Klik Menu Start - Control Panel - Network and Internet Connections - Network Connections
- Klik kanan Local Area Conection pilih Properties
- Pilih Internet Protocol ( TCP / IP ) – Klik Properties
- Ceklis use the following IP address – Masukkan IP address
IP address : 192.168.1.5
Subnet mask : 255.255.255.0
Default getaway : 192.168.1.5
- OK

Selanjutnya :
- Klik Menu Start – All Programs – Accessories – Command Prompt
- Ketik Ping 192.168.1.5 – Enter
C:\ Documents and Settings\ Ridwan> Ping 192.168.1.5
Pinging 192.168.1.5 with 32 byte of data
Replay From 192.168.1.5 : byte = 32 time < ms TTL = 128
Replay From 192.168.1.5 : byte = 32 time < ms TTL = 128
Replay From 192.168.1.5 : byte = 32 time < ms TTL = 128
Replay From 192.168.1.5 : byte = 32 time < ms TTL = 128

Ping statistics for 192.168.1.5
Ping statistics 192.168.1.5
Packets : sent = 4,received = 4, lost = 0 < 0% loss >
Approximate round trip times in will = second :
Minimum = 0 ms maximum = 0 ms, avarage = 0 ms

Untuk menghubungkan kepada teman, pertama kita harus menanyakan IP address nya kemudian ketikan Ping 192.168.1.5.
C:\ Documents and Settings\ Ridwan > Ping 192.168.1.5
Pinging 192.168.1.3 with 32 byte of data
Request time out
Request time out
Request time out
Request time out

Ping statistics for 192.168.1.3
Packets : sent = 4,received = 0, lost = 4 < 100% loss >



Apabila kita ingin menghubungkan pada teman – teman yang lainnya, maka langkahnya sama seperti langkah diatas, tinggal mengetikkan Ping 192.168.1.5.
Untuk menutup connection dengan cara mengclose layar command prompt dan kemudian cabut kabel yang terhubung dengan komputer dan HUB.


KESIMPULAN


Jaringan komputer adalah Sekelompok komputer yang saling terhubung dan dapat saling menggunakan sumber daya, informasi, dan data bergerak melalui media penghubung berupa kabel (Wire Network) atau tanpa kabel (Wireless Network), sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.
Cara untuk melihat IP kita Sendiri adalah dengan cara mengetikan Ping 192.168.1.5 kemudian Enter dan cara untuk menyambung komputer teman kita terlebih dahulu harus tahu IP Punya Teman kita setelah itu ketikkan Ping 192.168.1.3.

Rangkuman

Topologi adalah Bentuk suatu Perencanaan atau penangsiran dari jaringan komputer.
Topologi Bus adalah kabel terhubung setiap-setiap komputer secara linier.
Topologi Ring adalah melingkar dalam jaringan ini komputer ditata sekitar HUB setral yang mengontrol komunikasi dan berkomunikasinya dan hubungan yang lain
Topologi Start adalah setiap kumputer berhubungan ke HUB sentral biasa disebut dengan konsentrator yang berfungsi sebagai penguat multiport.
Topologi Hybrid adalah topologi gabungan dari pada topologi BUS, RING, dan STAR.
IP (Internet Protokol) adalah Prosudur yang mengatur beberapa fungsi dari komputer di mana protokol mengizinkan adanya hubungan antara komputer untuk dapat saling tukar menukar informasi atas terkirim data.
Shield adalah bangian lapisan luar dari kabel jaringan.
HUB adalah suatu alat untuk menghubungkan komputer kebanyak komputer yang saling berkoneksi dalam satu jaringan .
Repeator adalah untuk menguatkan sinyal jaringan
Bridge adalah jembatan sebuah LAN dengan LAN yang lain sehingga menjadi lebih luas
Router adalah untuk menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda
Kabel Squatsiar adalah untuk menghubungkan perangkat dengan antara yang berada pada luar ruangan .