Sabtu, 16 Juni 2012

Hidup Susah atau Susah Hidup?: Jangan Biarkan Susah Menjadi Hidup

Banyak sekali yah alasan hidup menjadi maju! Aku juga kadang gak ngerti, hampir setiap orang, ketika mengalami kegagalan atau kenyataan hidup tidak sesuai dengan harapannya, rata-rata mengeluh, huh… susahnya. Keadaan jaman kini memang membuat hidup ini menjadi susah! Akibatnya, tidak sedikit orang terdampar dalam kesusahan hidup? Hualah… logika susah kok berimplikasi pada banyak hal sih! Jika begini, kapan kita dapat keluar dari kesusahan?

Sebenarnya apa sih yang menjadikan manusia merasa susah, merasa senang, atau merasa yang lainnya? Pendapatku melihat bahwa itu semua bergantung kepada penerimaan. Jika argumen kenapa ada orang “gedongan” hidupnya kelihatan senang, padahal pada suasana jiwanya belum tentu tidak susah. Atau jika ada banyak orang yang kelihatan secara materi serba kekurangan, padahal belum tentu tidak gembira. Apapun itu, kegiatan merasa itu sangat berkaitan dengan kondisi “jiwa” manusia.

Jika menurut Anda, bahwa hidup serba kekuarangan, lantas Anda menyimpulkan bahwa hidup seperti itu “susah”, menurutku kesimpulan itu salah. Kesimpulan itu akan terbantahkan ketika orang yang Anda nilai itu, mengatakan bahwa ternyata dia menikmati dan menerima keadaan hidupnya sekarang. Jika sudah begitu, sebenarnya siapa yang susah dan siapa yang gundah? Jika anda menilai susah itu hanya didominasi dari perspektif duniawi, artinya orang yang tidak berlimpah secara materi itu susah, ya bisa jadi itu benar! Tetapi hidup ini bukan hanya materi semata-mata, tetapi yang perlu hidup itu adalah jiwa dan raga.

Uang Bukanlah Segalanya, Tapi Segalanya Perlu Uang?

Dari sahabatku menulis bahwa uang bukan segalanya, tapi segalanya perlu uang… rasanya perlu ditelaah lebih lanjut. Saya sepakat dengan pernyataannya dalam koridor konsumsi-ragawi, tapi tidak semuanya berlaku dalam koridor konsumsi-ruhani. Maksudku tidak lain adalah, jangan sering kita merasa susah ketika tidak punya uang! Karena tidak sedikit orang yang banyak uangnya juga merasa susah. Uang bukanlah segalanya, dan tidak segalanya perlu uang.

Duh, memang berat jika hidup dibikin berat! Begitu juga, hidup ini akan susah jika perasaan kita terus merasa susah. Oleh karena itu, saya ingin sekali mengkoreksi (paling tidak untuk aku sendiri)…

JANGAN BIARKAN SUSAH MENJADI HIDUP!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar