Dunia kerja, sebagai salah satu institusi
yang banyak 'merebut' waktu kita, bukan hanya tempat bekerja, tapi juga tempat
bersosialiasi. Oleh sebab itu, selain meningkatkan keahlian teknis dan
profesional, kemampuan bersosialisasi pun perlu ditingkatkan. Apa pun bidang
pekerjaan Anda, meskipun bukan di bagian kehumasan, sosialiasi tetap harus
dilakukan, sebagai bagian dari interaksi dengan orang lain.
Prinsip dasar bersosialiasi adalah
bagaimana orang bisa mengenal Anda, dan menyukai Anda. Tak ada seorang pun
senang pada rekan kerja yang memelototi layar komputer seharian. Tapi, tak ada
seorang pun yang suka bila ada rekan yang terlalu sibuk bergosipria seolah tak
punya kerjaan, atau sibuk mengomentari dan mengkritik ini itu sehingga dijuluki
public enemy. Karena itu, sosialisasi amat tergantung kemampuan Anda
menarik-ulur semua interaksi itu.
1. Bicara dengan jelas
Kemampuan berkomunikasi akan berdampak pada
bagaimana orang-orang akan memperlakukan Anda. Mereka yang periang biasanya
banyak teman, karena ia tahu bagaimana membangun pembicaraan.
2. Punya sesuatu untuk dikatakan
Jangan berpikir bahwa hanya karena Anda
berbicara, orang lain pasti mendengarkan. Pastikan bahwa komentar Anda memang
ada 'isinya'. Jangan cuma jadi 'ember bocor'.
3. Penuh pengertian
Setiap orang punya latar belakang yang
berbeda. Jadi, pembicaraan awal biasanya tidak bisa dijadikan patokan untuk
menilai orang lain. Anda bisa saja tidak setuju dengan rekan kerja, tapi masih
bisa bekerja sama secara produktif.
4. Pengaruhi orang lain
Dengan pendapat dan opini yang bermutu,
Anda telah memberikan 'warna' dalam bersosialisasi. Hal ini akan mempengaruhi
orang lain dan mereka akan menyukai Anda.
5. Selesaikan setiap masalah
Konflik tidak selalu jelek. Setiap
argumentasi bisa dijadikan bahan untuk solusi. Kalau Anda bisa, lakukanlah.
6. Tetap berkepala dingin
Hati boleh panas, kepala harus tetap
dingin, sudah biasa terdengar. Jadi, kalau Anda melihat ada orang yang memang
senang cari gara-gara, mendingan jauhi saja dia.
7. Jangan takut untuk berubah
Ada orang yang begitu keras kepala sampai
ia tak mau berubah meskipun perubahan itu baik. Jangan sampai begitu.
8. Tidak ada "saya" dalam tim
Banyak orang gemar membawa egonya dalam
suatu team work. Semoga Anda bukan salah satunya. Jangan pernah lupa untuk
memuji pekerjaan orang lain, mereka akan melakukan hal yang sama.
9. Berdirilah di tengah-tengah
Memang agak sulit, apa lagi kalau Anda
terlibat langsung. Tapi, paling tidak, Anda punya pendapat yang jernih bila ada
suatu konflik. Cobalah ambil jarak dulu, supaya Anda bisa menganalisis sesuatu
dengan akurat.
10. Miliki rencana
Seperti apa pun dalam kehidupan, persiapkan
diri Anda ketika akan bersosialisasi. Biarpun Anda spontan dan pandai
beromongkosong, Anda harus punya patokan dalam proses berpikir ketika melakukan
percakapan. (hannie k.wardhanie)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar