Rabu, 20 Juni 2012

CARA TEPAT UNTUK MEMILIH LOKASI BISNIS

kali ini saya membahas tentang lokasi bisnis.
disini saya ingin menuangkan saja yg saya pelajari semoga membantu, dan saya tidak bermaksud menggurui.
yg saya ketahui jika memulai suatu bisnis perdagangan pastinya kita haruslah memperhatikan lokasi yang tepat untuk membuka usaha dagang tersebut. berukut ada beberapa yang ahrus d pertimbangkan dalam memilih lokasi usaha anda :
 1. carilah lokasi yang padat penduduk.
kepadatan penduduk menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan indikator besarnya pasar usaha yang ingin anda geluti.karena jika semakin banyak penduduk di sekitar tempat usaha maka semakin banyak pula kebutuhan yg mereka perlukan dan anda bisa sediakan.
 2. penghasilan.
jika pendapatan penduduk tidak linear dengan daya beli masyarakatnya, maka lokasi tersebut tidak sesuai untuk tempat usaha/pusat perbelanjaan.olaeh karena itu anda harus mencermati penghasilan dari masyarakat tersebut dan apakah mereka membutuhkan barang atau jasa yang anda perjual belikan.
3. jumlah usaha.
apakah jumlah usaha di area tersebut sudah terlalu bayak dan memenuhi semua kebutuhan masyarakat didaerah tersebut,jika keadaanya seperti diatas anda harus mencari lokasi yang lain jika anda tetap memaksakan berusaha di daerah tersebut maka, anda saya sarankan bukalah usaha yg besar dari usaha-usaha yang lainya sehingga anda tidak perlu bersaing .
karena sudah jelas andalah penguasa pasar .
4. tempat (tujuan / sasaran pemasaran)
ada beberapa tempat yang bisa dipilih sebagai tempat usaha:
  • mal (shopping mal)
  • sentral usaha
  • perumahan
  • pinggiran jalan
  • dll. 
anda perlu memastikan siapa tujuan / sasaran pasar anda, apakah kalangan tertentu..?
atau anda bisa menggolongkan kalangan2 yg anda tuju untuk memasarkan produk anda anda dapat menentukan tempat karena anda mempunyai tujuan pemasaran.

   5. jumlah traffic.
anda perlu mengetahui berapa banyak orang yg berlalu lalang lokasi itu per harinya ?
apakan orang - orang tersebut dapat melihat tanda bisnis anda ( plang) anda?
apakan lokasi tersebut mudah diaksese?
 6.tujuan pemasaran.
siapakah tujuan pemasaran anda ,jika anda membukabisnis tentukan siapa yang akan membeli produk anda anda juga harus mengetahui prilaku calon konsumen anad dengan begitu anda dapat mengetahui kebutuhan mereka sudah pasti jika apa yg diinginkan konsumen terpenuhi sebagai produsen tidak perlu mengadaka sponsor yang besar -besaran karena konsumen dengan senang hati akan kembali lagi dan lagi.
semoga membantu jika kurang mohon di tambahkan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar